Sebelum Mudik

Minggu kemaren, untuk pertama kalinya saya ikutan acara sahur on the road(sotr) yang diadain sama komunitas kantor saya.  Rombongan berangkat dari kantor jam 01.30 pagi. Awalnya saya sempet ga nyangka kalo ternyata malam itu juga banyak yang ngadain sotr. Jalanan kota Jakarta yang biasanya sepi eh malah rame banget. Cuma di beberapa tempat aja yang sepi.

Uniknya acara sotr ini seperti udah jadi tradisi pada saat ramadhan. Ini terlihat dari banyaknya para (maaf) gelandangan, pemulung dan orang ga mampu yang sudah bersiap-siap di pinggir jalan dengan wajah mellasnya. Sejenak saya sempet mikir, ternyata masih banyak orang-orang ga mampu di negara kita ini. Di setiap persimpangan dan sudut jalan selalu saya temui beberapa warga yang tidur di pinggir jalan. Gak jarang ketika mobil rombongan kami melintas, mereka berteriak-teriak “sahur om sahur”, “sahur kak sahur”, “om kasihan om, 18 hari ga makan ga minum om” Oke, kalimat terakhir itu boong.

Pengennya sih saya langsung ngasih makanan ke warga itu, tapi berhubung saya bukan panitia acara ini, jadi saya belom berani bagiin makanan ke setiap orang  yang kita temui di jalan tadi. Kata temen kantor saya sih, mereka itu biasanya sengaja digabungin/dikumpulin di suatu tempat untuk meminta-minta makanan. Nah kalo udah dapet, ternyata makanannya ga langsung dimakan tapi di sembunyikan ke dalam gerobak sampah. Jadi ntar kalo ada rombongan sotr yang lain mereka juga akan meminta makanan ke rombongan itu. ckck sistem bisnis yang patut diacungi jempol tuh.

Pas saat ngebagiin makanan, saya ngeliat ada beberapa warga yang keliatan banget kalo emang kelaperan. Ga tega deh kalo ngebayangin saya yang ada di posisi mereka. Pasti saya jadi gelandangan yang gaul abis kali ya. Rambut cepak, pakaian agak compang-camping, celana di plorotin ke bawah, dengan berbagai rantai di celana. Eh tunggu, ini gelandangan atau anak gahoel yang sering nongkrong di mall? Ah entahlah, intinya saya udah bersyukur banget dengan kehidupan yang saya jalani saat ini.

Dan akhirnya 2 hari lagi kita akan merayakan hari raya idul fitri. Sedih banget puasa bentar lagi abis. Pintu neraka kembali terbuka lagi. Setan-setan kacrut bakal berkeliaran dimana-mana. Ga ada trawehan di malam hari. Ga ada anak-anak kecil yang maen petasan ato kembang api di pinggir jalan. Ga ada lagi buka puasa plus makan-makan gratis di masjid ataupun dikantor *timpuk pake guling*

Semoga puasa yang udah kita jalanin selama ini diterima oleh Allah Swt. Amin ya Rabb. Tumben nih saya jadi ustad. *pasang peci sama sarung*

Mungkin untuk seminggu ke depan saya belom bisa bw ke rumah temen-temen dikarenakan saya bakal mudik ke Paris. Harap dimaklumi ya. Yang mau nitip oleh-oleh tulis aja di kotak komentar, tapi saya ga janji bisa bawain. Hati hati buat blogger yang mudik. Jangan sampai kecopetan, jangan sampai ketiduran apalagi sampai mimpi basah, jangan mau dibius orang(yaiyalah) dan yang paling penting jangan lupa berdoa! Doa selamat di perjalanan loh, bukan doa mau tidur. hehe

e-card
Selamat hari raya idul fitri ya, mohon maap lahir dan batin. Sini salaman dulu satu-satu. Angpaunya pasti saya bagiin. Jangan rebutan!

61 thoughts on “Sebelum Mudik

  1. Menyenangkannya bisa ikut sahur on the road. Kalau aku nggak pernah ikut acara seperti itu, jadi nggak tahu suasananya seperti apa 😦

    Dan pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI 1431 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga amal ibadah puasa yang kita laksanakan selama 1 bulan diterima Allah SWT. Juga mohon dimaafkan apabila selama ini ada komentar-komentar saya yang saya utarakan di blog kerabat tidak berkenan di hati kerabat. Semata-mata karena ketidaktahuan dan ketidakpekaan saya. Semoga persahabatan dan silaturahmi ini selalu berkekalan

    “iya itu pertama kali saya ikutan sotr”

Leave a Reply

