Masih Tentang Puasa

Assalamu’alaikum hey blogger!

Mungkin tulisan kali ini cukup random banget.  Saya harap blogger ngerti dengan tulisan saya ini.

Lagi-lagi komputer di kantor bermasalah. Aplikasi macam mozilla, pidgin, ym, tweetdeck, open-office  sampe dreamweaver sukses error. Semuanya crash dan ga bisa dibuka.  Nasib apa yang menimpaku ini ya Allah. Pengen ngeformat ulang kompinya, tapi gada temen kantor yang punya cd installer xp. Emang nasib dapet kompi butut. *merenungi nasib di pojokan* Cuman Chrome portable yang masih setia menemani saya berselancar di internet. Yah gapapa deh meskipun masih blom bisa ngirim email ama fesbukan. Minimal bisa twitteran dan ngeblog lah.

——

Happy birthday Buat Indonesia-ku yang ke-65. Semoga dengan bertambahnya umur Indonesia makin makmur, bebas korupsi, bebas bencana alam, bebas tawuran, bebas merdeka! (y)

——

Masih mengenai puasa, beberapa hari terakhir saya sering banget bangun kesiangan. Baik itu pas sahur maupun pas bangun pagi. Kecuali pas buka puasa, saya masih bisa on time ko. 🙂 Mungkin saya emang perlu mengurangi jam begadang saya yang slalu menggila pas puasa. Saya ingin kembali ke masa SD yang mengharuskan saya untuk tidur ga lebih dari jam sepuluh malam. Kasihan mata saya dipaksa melek terus-terusan.

Mungkin emang bener ya, kalo tradisi terawih yang selalu penuh di awal ramadhan dan sepi diakhir ramadhan masih ada. Ini terlihat dari suasana masjid deket ‘apartement’ saya yang semakin hari semakin sedikit yang dateng terawih(termasuk saya tentunya, ups!)

Kalo dipikir-pikir, makanan lah yang menjadi faktor utamanya. Banyak orang yang sering bernafsu ketika buka puasa. Padahal Nabi menganjurkan untuk berbuka secukupnya aja. Berbukalah dengan yang manis. Semisal berbuka dengan kurma atau teh manis. Termasuk ngeliat cewe manis juga boleh ko. hehe. Mungkin orang-orang yang nafsu makannya ‘tinggi’ ga nyadar kalo makan terlalu banyak pas buka puasa bisa bikin perut kembung, boker lebih cepat, dan ngantuk saat traweh.  (:| Semoga saja saya tidak termasuk ke dalam orang-orang macam itu. Semoga deh ya. Tapi kalo ga semoga juga gapapa ko. :p

Saya punya tips dan trik yang mungkin bermanfaat untuk berbuka puasa :

– Sebelum sholat maghrib, usahakan berbuka secukupnya saja. Misal buka dengan es buah, teh manis ataupun kolak.

– Setelah sholat maghrib, makanlah nasi seporsi  kalo perlu setengahnya aja. Karena dikhawatirkan perut bisa kembung kalo makan kebanyakan.

– Sebelum sholat isya dan tarawih, usahakan untuk tidak makan apa-apa.  Cukup minum air putih saja. 

– Setelah tarawih, inilah saat yang ditunggu tunggu. Kalo emang masi laper, silahkan makan lagi. Asalkan jangan sampai kembung dan kekenyangan.

Selamat mencoba. Semoga kenyang dan jangan lupa ucapkan alhamdulillah.

** Mohon maap jika tulisan saya kali ini lebih mirip tulisan blogger yang lagi tobat. 
71 thoughts on “Masih Tentang Puasa

  1. menarik kalimatmu yang berikut ini;

    ** Mohon maap jika tulisan saya kali ini lebih mirip tulisan blogger yang lagi tobat.

    komentar saya : bertaubatlah setiap saat, karena kita tidak tahu kapan Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Ampunan-Nya 😉

    “iya bro, lagi banyak dosa nih :)”

  2. Kalo di masjid deket kantor, teori nabi yang makan secukupnya, misal dengan yang manis, sulit terwujud. Karena pihak masjid selalu memberikan nasi bungkus, dan tentunya harus dihabiskan

    “akaka bener banget!”

  3. waha sama seperti saya sob kalo waktunya buka bisa lebih cepet menyongsong hadirnya buka puasa ga pernah ngaret haha..
    sepertinya ini sudah menjadi tradisi ketika awal² puasa jumlah orang tarawih akan banyak dan semakin berkurang sejalan bertambahnya puasa dan rame lagi di ujung² puasa hehe
    Sukses Slalu!

    “tradisi ‘kurang baik’ yang berkembang pesat”

  4. selamat menunaikan ibadah puasa ya…. semoga nggak ada yang bolong-bolong hehehe… udah makan siang ???? wakakakakaka maaf…..

    “wohoho saya masih puasa ko”

  5. Kalo saya sih hajar aja saat buka puasa.
    Malah sebelum buka, udah ngelahap makanan duluan.
    Ya..emang karena gak pernah puasa, wkakakka… 😆

    “ahaha oke oke no problem”

Leave a Reply

