Freelancer?

Mulai detik ini, tulisan di blog ini sudah tidak memakai kata ‘gue’ dan ‘elo’ lagi. Saya ingin terbiasa memakai kata ‘saya’, ‘kamu’, dan ‘anda’, karena saya anak Indonesia! (?)

————

Dalam seminggu terakhir ini mungkin bisa dibilang saya berada dalam masa-masa penjajahan. Penjajahan duit lebih tepatnya. Kondisi keuangan yang saya rasa ‘kurang’ ini, membuat saya ingin mencoba sesuatu yang bisa menghasilkan duit. Bukan malak ataupun mengamen. Tapi saya pengen mencoba gimana rasanya menjadi freelancer.

Yap setelah seharian mantengin RF(RuangFreelance), langkah awal yang harus saya tempuh adalah nentuin passion. Apa itu passion? kata RF, passion itu :

Sesuatu yang mendorong Anda untuk terus mencoba, tetap membuat Anda bangun ketika harus begadang berhari-hari menyelesaikan deadline, dan yang akan membuat Anda terus berada di bidang yang Anda geluti sekarang dengan penuh kesenangan hati! Bukan dengan ngedumel terus.

Jadi saya udah mutusin kalo passion saya adalah desain. Maka dari itu, mulai sekarang saya harus belajar lebih giat tentang desain. Kebetulan kemaren waktu pengambilan sks di kampus, saya ngambil design web. Jadi dalam minggu-minggu atau bulan-bulan ini, mungkin saya bakalan nongkrong di situs-situs tentang desain.

Langkah yang kedua, saya harus bisa english. Mengapa english? karena kata RF, bidang freelance yang akan saya geluti mentargetkan pasar global yang nota bene bahasa Inggris adalah bahasa utama. Jadi mau tidak mau saya harus belajar English. Terkadang dalam masa-pembelajaran-english ini, saya lebih sering memanfaatkan google translate.

Adakah blogger yang mau jadi guru private saya? kalo ada yang gratis, silahkan kirim email ke saya, hehe. Jadi buat teman-teman blogger, twitter maupun plurker, ga perlu heran ngeliat status ‘ancur’ saya yang akhir-akhir ini sering menggunakan english. Maklum, saya sudah bosan make french setiap hari. *timpuk pake guling*

Langkah yang ketiga, saya berencana ingin membuat website pribadi yang nantinya akan saya isi dengan portofolio saya. InsyaAllah awal bulan depan saya akan bikin web sendiri. Semoga aja bisa terealisasi. Amin ya Rabb!

Langkah yang keempat, saya akan belajar mengambar manual. Karena selama ini saya terlalu sering menggambar digital pake kompi. Sempat kemaren nyobain bikin gambar orang make pensil, tapi hasilnya malah kayak gambar anak TK. -,- Bisa dibilang menggambar manual dibutuhkan keuletan bagi pemula kek saya. Jika hari ini gambar saya mirip gambar anak TK, maka besok gambar saya harus mirip anak SD. yeah! (?)

Yang terakhir, mungkin banyak-banyak berdoa dan beramal kali ya. Semoga aja saya bisa menjadi freelancer. Karena saya sempat minder melihat para freelancer yang udah sukses di bidangnya.

Adakah blogger yang masih aktif jadi freelancer? Kasih saran buat saya dong di komentar tulisan ini! Salam inbox!

64 thoughts on “Freelancer?

  1. bener gan memang lebih baik ( kalo menurut saya ) menggunakan kata gan orang pertama tunggal dengan saya atau aku, kalo menggunakan kata gw ( red, guwa ) ada dua kemungkinanya kalo gak guwatel yo guwaplek, tenang je aku nang mburmi

    “akakak guaplek guatel”

  2. Sukses ditentukan kerja keras.. tapi passion bagaikan bahan bakar ekstra, sebuah alasan ketika temen2 pergi nonton XXI dan kita masih tetap bekerja :))
    Lanjutkan boss..!

    “ahaha bener banget bang”

Leave a Reply

