Weekend ke Pulau Lancang

Setelah seminggu penuh melakukan aktifitas di kantor, akhirnya wiken kemaren gue sempetin buat nge-refresh otak. Kebetulan temen kantor pada ngajakin liburan ke Pulau Lancang di Kep. Seribu. Sebenernya temen kosan gue juga mo ikut, tapi dianya nolak dengan alasan pengen maen futsal.

Bertolak jam 7 pagi dari gambir, kita(gue bareng temen-temen kantor) berangkat naek transjakarta ke ancol. Rencananya sih mao naek kapal dari pantai marina. Sampai di Ancol jam 8.30, agak lama soalnya transjakartanya lambreta banget. Masuk ke ancol dengan semangat PKI 1961, tapi pas nyampe di dermaga ujung, ternyata kita kehabisan kapal ke Pulau Lancang. Gembel!

Tapi bukan kita namanya kalo menyerah. Akhirnya setelah bermusyawarah+poto-poto di dermaga+sarapan nasi uduk, kita mutusin buat naek kapal di Rawa Saban Tangerang. Berhubung perjalanan kesana yang cukup jauh, kita pun dengan terpaksa menyarter angkot. Hehe

Nyampe di Rawa Saban jam 11.30 dengan kondisi muka lecek dan berkeringat. Persis ikan asin. Tepat jam 12.00, kita berangkat naek kapal ferry mini menuju Pulau Lancang. Siapin plastik buat yang mabok.

Di tengah laut, mulut gue ga henti komat-kamit baca doa. Gimana engga takut, masa kapal ferrynya mogok? Belom lagi ombaknya gede. Saat itu gue mendadak keinget pilem titanic. Hati kecil berkata, gimana ntar kalo gue tenggelam di tengah laut. Gimana ntar kalo ada headline koran yang nulis “anak gaul masa kini hilang di tengah laut” Oh sungguh terlalu deh.

Pas nyampe di sana, yang gue rasain pertama kali adalah Pulau Lancang itu ga begitu indah tapi sejuk banget. Tempatnya juga ga begitu rame. Dikelilingi lautan dangkal yang terdapat banyak karang indah. Pokonya pas banget deh buat refreshing. Pengen deh suatu saat punya rumah di pulau yang tenang dan nyaman kek Pulau Lancang. Hmm.

Susunan kegiatan pas nyampe di Pulau Lancang hari pertama kek gini nih.

Istirahat-Maksi-Molor-Snorkeling-GagalNontonSunset-PotoPoto-MakanIkanBakar-NontonPialaDunia-MaenKartu-Molor

Pas waktu ‘belajar’ snorkeling, tangan kiri gue kena bulu ketek babi. Dammit! Alamat ga bisa cebok seharian nih. Bulunya yang tajem langsung nancep masuk ke tangan gue. Kata orang sekitar, tangan gue kudu dipukul-pukul biar bulu babinya mati. Akhirnya gue mutusin mukul make sendal jepit. Biar empuk hihi. Trus biar cepet sembuh, katanya tangan gue juga kudu dikencingin. Soalnya air kencing itu mengandung amoniak yang bisa menetralisir racun. Pesing deh tangan gue. Ckck

Besoknya, sebenernya kita pengen ngeliat sunrise di belakang pulau. Tapi berhubung gada yang bangun, gajadi deh. Kegiatan hari kedua lebih singkatnya kek gini nih.

BangunTidur-TidurLagi-JalanJalanKeDermaga-Sarapan1-Sarapan2-Molor-JalanJalankeBelakangPulau-PotoPoto-MakanSiang-Pulang

Waktu pulang, di dermaga gue ketemu jablay orang kampung sekitar. Beliau bilang laut hari ini cukup tenang. Cuma kita disuruh berdoa aja pas naek ferry, soalnya dulu pernah ada kapal yang tenggelam di laut dan banyak yang tewas. Hii.

Jadi backpacker sehari sukses ngebuat gue kecapean. Badan pegel-pegel minta dipijit. Tapi gue seneng banget bisa maen ke sana bareng temen-temen. Dan gue ga bakal ngelupain kenangan indah itu. Horas!

79 thoughts on “Weekend ke Pulau Lancang

1. bener gak sih klo warga pulo lancang itu
    suka isengin para wiasatawan domestik.
    misalnya klo kita beli sesuatu di warung / kedai trus bilang “kata mahal amat,”‘dan gak bisa pulang ke darat.

2. pulau lancang sekarang bukan lagi pulau lancang yang dahulu dan keindahannya pun tak seindah dlu banyak terumbu karang yang hancur akibat pngambilan karang yang tidak bertanggungjawab…………………..dan pulau lancang sendri semakin kecil akibat erosi laut yang semakin tiggi…………………

• saya udadong..bagus kok pulau tidung..
      tapi gak tau deh sama pulau lancang bagusan mana (kan saya blom pernah ke pulau lancung eh lancang)

tulisan ini jadi menyemangati saya untuk posting tetang travelling saya ke tidung beberapa bulan lalu..mmhh *sungguhbloggermalas*

“ahaha saya juga blom pernah ke pulo tidung :p”