Waspadalah!

Gue mau share pengalaman gue nih. Kejadiannya baru aja berlangsung tadi pagi pas gue lagi berangkat kerja. Gue hampir aja kecopetan. Kronologisnya gini nih.

Gue berangkat naek metromini 640 dari Jalan MH. Thamrin. Seperti biasa gue lebih milih duduk di deket pintu biar ntar kalo turun enak. Seperti biasanya pula, metromininya berhenti di Dukuh Atas buat nunggu penumpang yang turun dari kereta. Pas waktu itu ada 2 orang laki-laki, yang langsung naek bus tapi gamau duduk. Padahal ada bangku kosong yang tersedia. Mereka berdua berdiri di pinggir pintu pertama.

Disini gue mulai curiga nih. Ciri-ciri 2 orang itu sama persis dengan ciri-ciri pencopet yang sering beraksi di metromini/kopaja. Jadi sekitar 2 minggu yang lalu gue baca forum di suatu situs mengenai aksi copet di metromini. Ciri-cirinya seperti ini(kalo ga salah) :

  • Pencopet berjumlah 2-3 orang, 2 orang berjaga-jaga di deket pintu, 1 orang duduk dengan calon korban.
  • 2 Orang yang menjaga di deket pintu biasanya memakai baju layaknya orang biasa. Trus yang satunya memakai baju layaknya karyawan kantoran.
  • Ketika korban mau turun, si-pencopet-yang-duduk-berdekatan-dengan-korban mulai melancarkan aksinya.
  • Biasanya pencopet itu mulai mendempet-dempetkan badannya, sesekali juga mendesak-desak sambil tangannya mulai beraksi. Target : dompet, hape, dan barang berharga yang ada di tas.

Dan ciri-ciri diatas sama persis ama apa yang gue alamin tadi pagi. Jadi pas gue turun di Jembatan deket Hotel Kartika Chandra, di Jalan Gatot Subroto, 2 orang yang ada di depan gue  juga mendadak mau turun. Wah gue makin curiga nih. Belom sempet gue turun, tiba-tiba di belakang gue juga ada seorang lelaki bermata sipit make celana mirip pegawai, dorong-dorong sambil ngedempetin badannya ke arah tas gue. Pas tu orang ngebuka tas gue, tiba-tiba ada ibu-ibu di samping gue yang bilang gini:

Ibu-ibu baik hati : “Mas-mas, tasnya dibuka tuh sama bapak ini” *sambil nunjuk orang di belakang gue*
Gue : *ngecek tas dengan kondisi kebuka*
Orang di belakang gue : “udeh turun sono” *salting sambil mundur-mundur ke arah belakang*
Ibu-ibu baik hati : “hati-hati mas”
Orang di belakang gue : *gugup*
Gue : TAI! FAK! *tampang melotot*
Orang di belakang gue : “apasih lo!” *ngasi tampang cuek bego sok ga bersalah*
Gue : *langsung turun dari metromini*

Syukur deh alhamdulillah ga da barang gue yang diambil ama tuh orang. Sebenernya gue sadar kalo gue mau dikerjain. Ini terlihat pas dua orang didepan gue mulai menghalang-halangi jalan gue, trus satu orang yang dibelakang gue uda mulai beraksi ngebuka tas gue sambil desek-desekan gitu deh. Tapi gue biarin. Orang isinya cuma bungkusan nasi uduk sama sayur sup. lol

Ciri-ciri pencopet-kelas-teri-versi-gue-tadi-pagi:
1. Make baju seadanya, bercelana formal, make sepatu. Posisi sering berdiri di deket pintu pertama bus. Disuruh duduk ama kenek tetep gamau. Tapi ujung-ujungnya duduk juga. *cape kali ya*
2. Make baju seadanya, jaket item, tampang karyawan, becelana dan bersepatu formal. Posisi duduk berdekatan dengan pencopet pertama tapi sok-sok an ga kenal. *cuih*
3. Make kaos berkerah, celana formal mirip pegawai, mata sipit, rambut rapi belah pinggir. Juga make kacamata kewl, make lipstik sambil gigit-gigit bibir. (lol) Oke kalimat terakhir gue becanda.

Intinya kalo blogger yang sering naek metromini no 640/604 kudu berhati-hati. waspada aja kalo ngeliat ada penumpang seperti ciri-ciri yang gue sebutin di atas. Gue gatau secara pasti berapa jumlah pencopet yang tadi beraksi. Mungkin sekitar 3-4 orang. Biasanya mereka melancarkan aksinya di daerah Gatot Subroto. Jaga barang-barang anda! Waspadalah! Salam pramuka!

Advertisements

71 thoughts on “Waspadalah!

  1. hehe.di jakarta kita dituntut harus lpunya tampang lebih sangar dari preman/tukang copet mas..hihi

    “sayang sekali muka saya masih lucu dan tidak menyeramkan haha”

  2. Gue jg pernah tuh, tp di angkot. Hampir aja hape gw dicopet jg. Orangnya duduk nempel2 ke dekat kita. Untungnya gw kerasa. Langsung turun deh dr angkot.

    “waah syukur deh hapenya ga kecopetan”

  3. wahh sama biasanya gue naik bis 46 jurusan UKI,,gue pernah dirobek tasnya sama copet pas turun daerah jembatan patrajasa..

    “widih parah bener dah tuh copet”

  4. Lain kali harus hati2 th…
    Seperti kata Bang Napi.. “Kejahatan buka ada karena ada niat dari pelaku,tapi karena ada kesempatan”

    “waspadalah, waspadalah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s