Cerita Indonesia

19 tahun sudah gue idup di Indonesia. Banyak yang bilang, semakin tahun Indonesia udah jauh berbeda dengan Indonesia yang dulu. Kini di Indonesia, kasus korupsi menjadi topik terhangat di beberapa media massa. Tawuran di mana-mana. Belom lagi masalah pendidikan di Indonesia yang masih mengalami penurunan.

Kemaren gue ngadain survey kecil-kecilan mengenai masalah apa sih yang lagi hangat di Indonesia. Dan hasilnya gue mendapat 3 jawaban teratas mengenai masalah di Indonesia. Korupsi, Pendidikan, dan Kriminalitas.

Korupsi

ilustrasi korupsi di Indonesia

Seperti yang kita ketahui bersama, korupsi merupakan momok yang sering muncul di Indonesia. Bahkan bisa dibilang kini korupsi sudah menjadi langganan tahunan negara kita. Kasus century, KPK, dan berbagai kasus lain yang ga bisa gue sebutin satu-persatu, saling berebut untuk mengisi headline-headline media massa. Gue ga perlu jelasin kenapa Indonesia masih memiliki banyak koruptor. Karna menurut gue semua masalah korupsi itu bersumber dari manusia dan uang. Sifat manusia memang berbeda-beda. Merasa kurang dan belom pernah puas terhadap apa yang udah di kasih ama Sang Pencipta. Udah dikasi duit sejuta pengennya semilyar. Eh dikasih semilyar pengennya setrilyun. Andai saja manusia sadar dan selalu menerima apa yang dikasih oleh Tuhan, gue yakin kasus korupsi di Indonesia bisa diminimalisir. Seharusnya warga Indonesia yang pernah ngelakuin korupsi itu sadar diri. Masih banyak manusia di luar sana yang ga seberuntung dia. Masih banyak manusia di luar sana yang susah payah mencari sepiring nasi buat makan. Daripada make uang yang bukan hak kita, alangkah baiknya kita malah menyisihkan harta yang udah kita punya buat orang-orang yang ga mampu.

ilustrasi Korupsi di Indonesia

Pendidikan

Kurikulum pelajaran di Indonesia yang menganut paham UANisme sukses membuat siswa-siswi cukup ketakutan. Kebanyakan siswa-siswi beranggapan mengapa sekolah selama 3 tahun hanya ditentukan oleh 3 mata pelajaran pokok(matematika, bhs. Indonesia, bhs. Inggris) dan 1 pelajaran jurusan(IPA/IPS/Produktif). Padahal selama 3 tahun itu siswa siswi menerima berbagai macam mata pelajaran. Akibatnya, banyak demo di berbagai kota yang menentang adanya UN. Belom lagi kalo ga lulus, bunuh diri pun dihalalkan. Ya ampun deh.

demo tolak UN

Kriminalitas

Tawuran antar warga, tawuran antar suporter, tawuran warga dengan polisi, sampe tawuran polisi dengan mahasiswa sering kita liat di televisi.

ilustrasi tawuran mahasiswa di Makassar

Ujung ujungnya pun banyak yang terluka dan tewas sia-sia. Pertumpahan darah yang ga ada gunanya. Seolah-olah merasa pendapatnya itu benar dan menjegal kelompok lain yang dianggap berlainan pendapat. Sungguh ironi saat gue ngeliat semua itu. Kenapa semua itu harus diselesaikan dengan kekerasan. Kenapa ga diselesaikan dengan kepala dingin aja sih. Seengganya mereka yang terlibat tawuran itu mikir dong sebelum bertindak. Kerugian apa yang bakal timbul kalo ntar tawuran.

Gacuma tawuran di luar dan di jalanan, tawuran di dalam ruangan juga ada loh. coba deh tanyaain ama anggota DPR. Emang sih ga ampe ada yang mati ato luka, tapi tawurannya itu ga banget gitu loh. Masa wakil rakyat berantem? haha

sidang paripurna ricuh

ilustrasi anggota DPR dengan bonek

Ayo dong Indonesiaku, bersihkan tikus-tikus bermata ijo yang masih berkeliaran, benahi sistem pendidikan yang masih labil, serta basmi sekecil apapun tindak kriminalitas yang ada. Gue yakin Indonesia pasti bisa menjadi negara yang makmur, adil dan sejahtera. Meskipun gue gatau kapan. 😀 Amin deh amiin.

Advertisements

80 thoughts on “Cerita Indonesia

  1. huftt….knp g lakuin tgs x masing2 ja se? pemerintah lakuin tgs x sbg pemerintah, bkin undang2, mahasiswa/pelajar y lakuin tugasnya belajar…

    apapun alsan x, tawuran itu nggak bisa dijadiin adat….

    yang tua yang muda sama2 bkin ribut….ckckck

    “tapi emang begitu kenyataannya”

  2. Ane cuma bisa meng”Amini” aja gan!
    Tentang yang pertama : itu udah mendarah daging dari nenek moyang kita. Jadi agak sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu kita sebagai generasi peneruslah yang harus mulai membiasakan untuk menghindari klo jangan pernah melakukan yang namanya Korupsi.

    Kedua : klo masalah UN, itu sih gimana kita-nya. Klo kita belajar dengan sungguh2, insyaLLah kita akan mendapatkan hasil yang terbaik.

    Ketiga : klo ini hubungan sama kayak yang pertama. asal mu’asalnya dari masalah perut. Dan juga ada hubungan dengan nomor dua yaitu kurangnya pendidikan, makanya orang rela berbuat kriminal demi makan. klo orang yang berpendidikan mah akan berbeda dalam berpikir.

    Oia, btw, ini komeng terpanjang yang pernah ane tulis gan. Otaknya lagi jernih mungkin jadi bisa mikir. akakakak 😀

    “iya nih. panjang banget. tapi masukannya bagus tuh. makasih loh untuk komentar-terpanjangnya hihi”

  3. Ane cuma bisa meng”Amini” aja gan!
    Tentang yang pertama : itu udah mendarah daging dari nenek moyang kita. Jadi agak sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu kita sebagai generasi peneruslah yang harus mulai membiasakan untuk menghindari klo jangan pernah melakukan yang namanya Korupsi.

    Kedua : klo masalah UN, itu sih gimana kita-nya. Klo kita belajar dengan sungguh2, insyaLLah kita akan mendapatkan hasil yang terbaik.

    Ketiga : klo ini hubungan sama kayak yang pertama. asal mu’asalnya dari masalah perut. Dan juga ada hubungan dengan nomor dua yaitu kurangnya pendidikan, makanya orang rela berbuat kriminal demi makan. klo orang yang berpendidikan mah akan berbeda dalam berpikir.

    “double ni ye”

  4. masalah kurikulum sekolah aja deh, harusnya tetep kayak kuikulum jaman dulu aja, buktinya saya juga fine fine aja tuh, malah dulu saya semangat sekolah banget, soalnya mengejar prestasi karena ada rankingnya… sekarang khan nggak ada sistem ranking, jadinya si anak bingung ni belajar buat apa to, hohohoh….

    “kalo sekarang sih menurut saya bukan mengejar rank tapi mencari nilai. hihi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s