Kuliah Idaman Saya

Sudah hampir setahun saya belum kuliah. Rencananya tahun ini saya mau kuliah sambil kerja. Tepatnya mengambil kuliah kelas karyawan. Saya terbiasa mencari referensinya di google. Hanya dengan keyword Perguruan Tinggi Terbaik, saya sudah dapat banyak informasi mengenai perguruan tinggi yang bakal saya masuki nanti.

Saya ingin kuliah di perguruan tinggi yang modern

Pembelajaran Kampus Saat Ini

Sumber gambar

Yang namanya Perguruan Tinggi Idaman pasti tak lepas dari kata-kata wah. Saya ingin kuliah di perguruan tinggi yang menggunakan teknologi sebagai sistem pembelajarannya. Saya mencari perguruan tinggi yang menerapkan sistem e-learning di dalamnya, free akses internet 24 jam, dan akses media pembelajaran dengan teknologi tinggi. Tentunya biaya perguruan tinggi ini sudah saya sesuaikan dengan kantong saya. Apalagi dengan berkembangnya sistem e-learning saat ini, tentu memudahkan mahasiswa yang ingin menambah ilmunya tanpa harus mengikuti perkuliahan di kelas.

Sebagai referensi berikut saya tampilkan rangking 20 besar Perguruan Tinggi Favorit Indonesia 2010 versi Webometrics:

  1. Universitas Gajah Mada
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Kristen Petra
  5. Universitas Gunadarma
  6. Universitas Negeri Malang
  7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  8. Universitas Sebelas Maret
  9. Universitas Airlangga
  10. Universitas Brawijaya
  11. Universitas Diponegoro
  12. Institut Pertanian Bogor
  13. Universitas Padjajaran
  14. Universitas Pendidikan Indonesia
  15. Universitas Sriwijaya
  16. Universitas Islam Indonesia
  17. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  18. STIMIK AMIKOM
  19. Universitas Lampung
  20. Institut Telnologi Telkom

Saya ingin kuliah yang benar-benar kuliah

Mungkin sebagian blogger tau maksud kalimat saya diatas. Saat ini, berdasarkan pengamatan yang saya liat dari teman-teman saya yang sudah kuliah, banyak teman-teman saya yang jenuh dengan sistem perkuliahan di kampusnya. Padahal teman saya itu kuliah di perguruan tinggi yang cukup terkenal di daerahnya. Alasannya pun sederhana sekali. Teman saya bilang kalo ia tak optimal dalam mendapatkan ilmu di kampus gara-gara dosennya jarang masuk. Ada juga yang bilang kalo dosennya dalam mengajar terlalu membosankan. Hal ini yang menyebabkan teman saya itu sering bolos kuliah atau istilah kerennya ’titip absen’. Jadi percuma dong, kalo kita kuliah mahal-mahal tapi kitanya ga niat.

Kalo menurut saya, sebenernya bukanlah masalah dosen yang jarang masuk, atau dosen yang membosankan. Tetapi semua itu kembali pada niat kita. Kalo emang niat kuliah pastinya ga akan membosankan. Pastinya juga ga akan ada istilah ’titip absen’  yang semakin marak saat ini. Saya mau kuliah dengan niat mencari ilmu bukan untuk mencari gengsi ataupun mencari nilai semata.

Saya ingin kuliah yang biayanya sesuai dengan kantong saya

Dalam hal ini saya sudah punya niat untuk kuliah di perguruan tinggi yang biayanya tidak terlalu mahal untuk saya. Karena saya percaya di jaman yang serba modern ini, uang bisa berbicara. Saya mempunyai alasan yang kuat atas kalimat saya itu. Dulu, ketika saya masih SMK, ada perguruan tinggi yang datang ke sekolah saya untuk mempresentasikan sekaligus mempromosikan kampusnya. Sama halnya dengan perguruan tinggi lainnya, dalam setiap pendaftaran mahasiswa baru pasti membutuhkan biaya-biaya yang sangat besar. Baik itu biaya semester, uang gedung maupun biaya-biaya lainnya. Tapi anehnya pada saat saya membaca brosur yang dibagikan, saya melihat ada jalur khusus yang bisa dipilih untuk masuk ke perguruan tinggi itu dengan syarat ”besarnya jumlah sumbangan” Ckckck, ternyata memang benar kalau ada yang bilang uang bisa mengubah semua.

Selain 3 alasan diatas, untuk kuliah idaman, saya juga fokus dengan kurikulum fakultas yang akan saya masuki nanti. Sesuai basic saya di bidang IT, saya ingin masuk dalam fakultas TI atau SI. Dalam hal ini kurikulum menjadi prioritas utama saya. Saya ingin masuk fakultas yang kurikulumnya cukup bagus. Sehingga nantinya output-output yang dihasilkan bisa langsung masuk ke dalam dunia kerja.

Semoga artikel diatas memberikan kontribusi yang bermanfaat dalam Lomba Blog UII yang saya ikuti ini. *bersiap mendaftar kuliah*

Advertisements

64 thoughts on “Kuliah Idaman Saya

  1. Sama Bos! Ane juga rencananya taun ini mau kuliah. Tapi jalur SNMPTN, jadi harus mempersiapkan dari sekarang. Do’akan ane bos!
    Sama2 berjuang! 😀
    Sama2 sukses!
    Sama2 SMK!

    “SMK BISA!! haha”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s