Jika saya pergi ke Belanda

Negara Belanda tentunya tidak asing lagi bagi kita. Sebutan Negeri kincir angin dan Negeri bunga tulip selalu melekat pada negara ini. Siapa yang tak mau kalo diajak pergi ke Belanda? Saya memiliki alasan :

Jika saya pergi ke Belanda

Lihatlah bangunan bekas Belanda di negara kita. Masih banyak yang berdiri kokoh dan megah. Meskipun sudah bertahun-tahun lamanya di bangun oleh Pemerintah Belanda. Arsitektur kelas dunia yang sungguh menakjubkan membuat saya ingin pergi kesana. Di Belanda, saya ingin belajar bagaimana membuat bendungan-bendungan megah nan indah. Saya ingin melihat lebih dekat kincir angin. Kincir angin Kinderdijk yang terkenal serta Kincir angin ‘De Noord’ (The North) and ‘De Vrijheid’ (The Freedom) yang merupakan 2 kincir angin tertinggi di dunia. Saya ingin belajar bagaimana Belanda memperluas daratannya dengan cara mengeringkan lautan. Saya ingin berjalan mengelilingi bendungan-bendungan besar yang sangat indah.

Kinderdijk Mills

sumber gambar

Bendungan Delta Plan

sumber gambar

Jika saya pergi ke Belanda

Akhir Maret, April dan awal Mei merupakan saat yang tepat untuk pergi ke Belanda. Menyaksikan hamparan bunga tulip yang mempesona, dihiasi udara musim semi yang sejuk dan ladang bola lampu warna-warni yang sangat indah. Melihat dan belajar bagaimana pengembangbiakan dan pelestarian bunga tulip di Belanda. Musim semi, musim gugur, musim panas, dan musim dingin bergantian hadir di Belanda. Saya ingin merasakan 4 musim berbeda di Belanda. Jangan lewatkan parade bunga yang pertama dan terbesar yang diadakan di Belanda setiap tahun.

Hamparan Bunga Tulip

sumber gambar

Jika saya pergi ke Belanda

Lezat dan uniknya bentuk keju Belanda membuat saya tertarik belajar bagaimana proses pembuatan keju hingga pemasarannya. Pergi ke Kampung De Klomp di Provinsi Gelderland dan daerah Weesp di Provinsi Noord-Holland yang terkenal dengan klompen (Sepatu kayu) khas Belanda. Belajar berkarya dengan melihat proses pembuatan klompen dari dekat. Bagi petani, pandai-besi, atau pemerah susu sapi, tentu klompen ini sangat bermanfaat melindungi kaki saat bekerja.

Cheese Holland

sumber gambar

Klompen

sumber gambar

Jika saya pergi ke Belanda

Merasakan atmosfir dunia Pendidikan Internasional di Belanda. Di Belanda terdapat 2 macam pendidikan tingkat tinggi yaitu HBO (hogeschool/universities of profesional education) dan WO (research universities). Dengan sistem propedeuse, setiap siswa diwajibkan menyelesaikan mata pelajaran tahun pertama mereka dalam waktu dua tahun. Jika siswa tersebut gagal, maka dia akan dikeluarkan dari jurusannya (Drop Out/DO). Setelah tahun 2002, pemerintah Belanda memberlakukan sistem pendidikan tingkat tinggi (higher education) baru. Pada sistem baru ini, pendidikan tingkat tinggi dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu: Bachelor dan Master (BAMA), serta Phd degree. Walaupun menurut peraturan baru lulusan dari HBO maupun WO mempunyai gelar yang sama/setara.

Universitas Amsterdam

sumber gambar

Jika saya pergi ke Belanda

Mengenal lebih dekat karya-karya pelukis ternama Belanda. Rembrandt van Rijn, Vincent van Gogh, Jan Oteen, Jheronimus Bosche, Johannes Vermeer, dan Mondrian merupakan seniman-seniman kelas atas yang karyanya terkenal di seluruh pelosok negeri Belanda. Tahukah anda? Bahwa Rembrandt van Rijn dan Vincent van Gogh baru terkenal setelah kematiannya. Dan tahukah anda bahwa pada tahun 1993 seorang pedagang di pasar Breda menjual karya Van Gogh seharga 5 sen dan 10 sen. Unbelievable! Museum-museum pelukis ternama di Belanda seharusnya menjadi tempat yang tak boleh dilewatkan.

Rembrandt van Rijn

sumber gambar

Salah satu karya Van Gogh

sumber gambar

Jika saya pergi ke Belanda

Menyaksikan bagaimana akademi sepakbola di Amsterdam bisa melahirkan beberapa pemain sepakbola handal nan terkenal. Pelatihan sepakbola sejak dini dengan menggunakan sistem pelatihan bertaraf internasional menjadi faktor utama suksesnya akademi sepakbola di belanda. Robbie Van Persie, Klass jan Huntelaar, Rafael Van der Vaart dan Wesley Sneijder contohnya. Hal ini membuat sepakbola menjadi olahraga yang paling digemari di Belanda. Jangan lewatkan pula megahnya Stadion Amsterdam Arena dari dekat.

Amsterdam Arena

sumber gambar

Anak-anak didikan Amsterdam Academy

sumber gambar

Jika saya pergi ke Belanda

Mengikuti Holland Art Cities 2010, Spring Festival in Utrecth dan Keukenhof yang sangat indah. Menyaksikan parade bunga dan melihat 7 juta bunga di taman merupakan pengalaman yang tak akan terlupakan.

Holland Art Cities 2010

sumber gambar

Keukenhof

sumber gambar

Saya ingin pergi ke Belanda, apakah anda juga tertarik pergi ke Belanda?

Sumber info :

70 thoughts on “Jika saya pergi ke Belanda

  1. ..pengen bngeetsss kesana…mhn info lbh jauh ttg akademi sepak bola di amstrdam utk usia dini….ky nya menarik hbs niii…trims…

  2. semangat!!!semoga selain tulisan ini ada tulisan lagi untuk kompetiblog2010. kan semakin banyak pilihan semakin baik!semoga sukses!!

  3. Like this 😀

    ……………………………
    ……………………………
    ……….ooooO…………..
    ………..(………)………..Ooooo……
    …………..)……)………..(………)………
    …………..(_…)…………..)……)……….
    ……………………………….(_…)…………..

    Tahun lalu saya ikutan juga tapi belum berhasil 😀

Leave a Reply

