pendidikan di negeriku

Memperkenalkan*halah* gw heLga, seorang pelajar SMK yang kini sedang mencoba meraih mimpi dan mengejar prestasi. apa yang bisa gw berikan buat negeri ini? cuman satu, gw cuman bisa memaksimalkan apa yang gw miliki dalam diri gw untuk membangun negeri gw ini. Belajar. Yap dengan menuntut ilmu di sekolah setidaknya gw udah bisa membangun negeri gw dalam bidang pendidikan. Meskipun saat ini negeri gw masih dilanda krisis-krisis moneter dan kemelut-kemelut depan gawang yang tak henti-hentinya menggoyang nama indonesia.

Dalam hal ini gw mempunyai beberapa saran dan usul buat pemerintah dalam bidang pendidikan. Gw punya beberapa fenomena menarik yang terjadi akhir-akhir ini yang bisa dijadikan sebagai acuan bagi pemerintah untuk melihat bagimana kondisi pendidikan di negeri kita saat ini.

Beberapa waktu yang lalu di skolah gw ada salah satu perguruan tinggi yang sedang melakukan presentasi mengajak kami bergabung setelah lulus nanti. Sama halnya dengan universitas-universitas laennya, dalam setiap pendaftaran mahasiswa baru pasti membutuhkan biaya-biaya yang sangat besar. Baik itu biaya SPP, Uang Gedung maupun Biaya-biaya lainnya. Tapi anehnya pada saat gw membaca brosur yang dibagikan, gw melihat tulisan syarat-syarat masuk untuk jalur xxx tertulis “Besarnya Jumlah Sumbangan” Sejenak gw berpikir, mengapa saat ini untuk mencari ilmu harus membutuhkan biaya yang sangat besar? Bagaimana dengan para pelajar yang tidak mampu membiayai sekolah mereka? Akankah tahun-tahun mendatang hanya dengan bermodalkan uang banyak kita bisa dengan mudahnya mendapatkan ilmu? Saran gw*dewasa mode: on* seharusnya pemerintah indonesia mulai memperhatikan pendidikan di negeri kita saat ini. Bukan hanya di bidang akademis saja tapi juga di bidang sosial ekonomi. Kita tentu tidak ingin melihat temen-temen seusia kita bekerja menjadi pengamen, pengemis, bahkan pengangguran hanya gara-gara tidak punya uang untuk biaya sekolah, kan? memang sejak beberapa tahun yang lalu pemerintah telah memberikan kebijakan SPP gratis bagi siswa SD maupun SMP. Tapi bagaimana dengan siswa SMA dan SMK bahkan Mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah mereka?

Photobucket

Seleksi Tes Masuk

Pada tahun 2008 yang lalu gw juga pernah melihat di televisi tentang pendaftaran siswa baru di sebuah SMP yang memberikan jalur khusus bagi siswa yang tidak terlalu pandai tapi “memiliki uang banyak”. Seinget gw waktu itu dikatakan bahwa siswa cukup membayar sejumlah uang sekitar 3-10 juta saja tanpa mengikuti tes masuk. Dan lagi-lagi uanglah yang berbicara dalam hal ini. Sungguh ironis melihat perkembangan pendidikan di negeri gw ini. Padahal saat ini negeri kita masi terlilit krisis ekonomi yang cukup serius.

Semoga pemerintah bisa denger saran sederhana gw ini. Gw gak tega setiap pagi ngeliat anak-anak seusia gw berteriak-teriak menjual koran. Gw juga gak tahan ngeliat anak-anak kecil mengamen di pinggir-pinggir jalan*merenungi nasib* Pendidikan sangat penting diajarkan sejak dini karena dengan ilmu kita bisa meraih impian kita. Ayo indonesiaku, hidupkan kembali semangat pendidikan kita!!*senyum pepsodent*

Aku untuk Negeriku, Bugiakso Blog Competition 2009

25 thoughts on “pendidikan di negeriku

  1. wiw…sama dengan postinganQ kayakna..hueheue…
    pendidikan mmg sangat penting dan kalau bisa melakukan sesuatu untuk negeri yg lbh besar, mulai dr dini Qta hrs lebih memperhatikan pendidikan..
    semangat!

Leave a Reply

