Realita Pendidikan di Indonesia

Kemaren sore sehabis pulang dari kantor saya nonton tipi di kamar mas kos saya. ngeklik remote bolak-balik acaranya gag ada yang menarik. akhirnya saya mutusin ngliyat berita sekalian pengen tau perkembangan terkini dunia luar. kebetulan pada saat itu berita yang ditampilin nyeritain tentang bentrokan pada tragedi unas yang melibatkan polisi dengan mahasiswa yang menentang kenaikan harga bbm.

Sempat sesaat saya jadi terngiang masa lalu saya ketika duduk di bangku smp. Guru pkns saya nyeritain kalo indonesia menempati rangking ketiga dari bawah di bidang pendidikan se Asia Tenggara. saya sempat bingung apa mungkin peringkat indonesia itu dipengaruhi oleh buruknya citra mahasiswa indonesia yang sering banget tawuran, ngadain demo dimana2, bahkan ampek bentrok ama polisi segala. Sangat berbeda jauh dengan kebijakan pemerintah saat ini yang mendukung pelaksanaan pendidikan wajib belajar 9 tahun.
Gag hanya itu saat ini di berbagai kota udah mulai di kembangkan yyang namanya elearning yaitu sistem pendidikan yang menggunakan media internet dan elektronik untuk mendukung sistem pengajaran tersebut.

Sudah banyak universitas2 ternama di indonesia yang mengembangkan elearning. bahkan para ahli di dunia luar negeri memprediksi pada tahun 2020 seluruh dunia akan menggunakan elearning sebagai sistem kurikulum pendidikannya.pasti keren kan kalo tiap universitas, sma, smk, smp bahkan sd udah mahir menggunakan internet maupun alat elektrronik lainnya untuk melakukan kegiatan proses belajar mengajar.

Kalu seusia saya dulu mah baru mengenal internet kelas 3 smp sualnya terbatasnya dana untuk mendukung internet di sekolah. bisa dibayangin di tahun 2020 anak2 seusia saya pergi ke sekolah cuman bawa laptop doang. jadi kegiatan belajar-mengajarpun terasa lebih enak karena anak2 dapat aktif mencari informasi atao bahan pembelajaran di internet. yah mudah-mudahan aja smua itu bisa terlaksana.

Advertisements

6 thoughts on “Realita Pendidikan di Indonesia

  1. amiiiiin… tapi kalo laptop nya kena virus bagemana itu? kasian dong yang ngerjain tugas trus tiba2 ilang…trus anak2nya bisa aja ngeles gak ngerjain tugas dengan alasan virus… hohohoho…
    smoga penyelesaiannya ada ya ^^

  2. Hwahwahwa,,,
    Bisa ajjagh kmuh kong,,,

    ehm…
    klo abhe pny pendapat begini,,

    demo ntu boleh2 sajjagh,karena,..melalui demo ntulah,,aspirasi kita dapat di dengar oleh pemerintah yg skg sdg berkuasa,,, Tp,,kesalahan yg terjadi pd mahasiswa di INdonesia ialah,,,bagaimana cara mengutarakan pendapat..
    banyak sekali mahasiswa yg melalukan demo,disertai dgn acara merusak lingkungan sekita,,
    pagar2 dibongkar,,melempar ptugas kepolisian dgn batu,dll..

    padahal kan,,,
    tanpa melakukan hal ntu,,,aspirasi kita akn lebih di dengar,,apabila dilalukan dengan cara yg baek pula…
    betul tidak??

    Dan mslah elerning,,
    quwh setuju bgd,,,
    asalkan,,laptopnya gag kena virus,,
    bisa berabe tuh,,!!
    Tugas bisa ilang semua gr2 kena format..

    Hwhwahwa,,,,

    -abhe-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s